Minggu, 22 Februari 2015

Batu Qur'an

Batu Qur’an adalah sebuah nama menarik yang tidak sengaja saya temukan di sebuah artikel, dan tidak menduga bahwa jaraknya begitu dekat dengan Pemandian Cikoromoy. Keduanya terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.
Batu Qur’an adalah sebuah batu gunung yang letaknya berada di dasar sebuah kolam kecil jernih di bawah pohon beringin besar yang rindang. Yang menarik adalah karena adanya tulisan berhuruf dan berbahasa Arab di permukaan batunya.
Dari jalan utama, pengunjung harus melewati jalan setapak berbatu menurun yang agak sempit dengan jajaran warung-warung sederhana di sepanjang tepi kiri kanannya yang menjual makanan, minuman dan juga mneawarkan buah tangan tradisional setempat.

 Kolam dimana terdapat Batu Qur’an terlihat sangat teduh, bahkan hampir-hampir gelap, karena tertutup rimbun dedaunan pohon beringin yang sangat besar. Di sebelah sana terdapat dinding tembok batu tinggi dengan dua kubah di atasnya.
Kolam Batu Qur’an ini kabarnya mampu menampung sekitar 50 orang untuk berendam sekaligus di dalamnya pada saat yang sama. Namun mungkin lebih sedikit dari angka itu karena peziarah yang percaya harus melakukan putaran disekeliling Batu Qur’an sambil melafalkan doa-doa tertentu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar